RELASI
PENGERTIAN
RELASI
Relasi adalah suatu aturan yang memasangkan anggota
himpunan ke himpunan lain. Suatu relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah
pemasangan atau perkawanan atau korespondensi dari anggota-anggota himpunan A
ke anggota-anggota himpunan B.
Jika diketahui himpunan A = {Eko,
Rina, Tono, Dika}; B = {Merah, Hitam, Biru}, maka relasi “suka dengan warna”
himpunan A ke himpunan B dapat disajikan dalam diagram panah, diagram
Cartesius, himpunan pasangan berurutan, dan dengan rumus.
a.
Diagram
panah
Diagram
panah merupakan cara yang paling mudah untuk menyatakan suatu relasi. Diagram ini
membentuk pola dari suatu relasi ke dalam bentuk gambar arah panah yang
menyatakan hubungan antara anggota himpunan A dengan anggota himpunan B.
a.
Diagram
Cartesius
Menyatakan
relasi antara dua himpunan dari pasangan berurutan yang kemudian dituliskan
dalam bentuk dot (titik-titik)
a.
Himpunan
pasangan berurutan
Selain
dengan diagram panah, suatu relasi juga dapat dinyatakan dengan menggunakan
himpunan pasangan berurutan. Caranya dengan memasangkan
himpunan A dengan himpunan B secara berurutan.
R = {(Eko, Merah), (Rina, Hitam),
(Tono, Merah), (Dika, Biru)
CONTOH
SOAL
Perhatikan diagram di bawah!
1. Relasi
yang tepat dari himpunan K ke himpunan L adalah ….
A. dua kali dari
B. setengah dari
C. satu kurangnya dari
D. kurang dari
Pembahasan:
Daerah asal ditunjukkan oleh himpunan K
Daerah kawan ditunjukkan oleh himpunan L
Setiap tanda panah dari daerah asal (himpunan K) memetakan ke daerah kawan (himpunan L) dengan cara setengah dari.
Jadi, relasi yang tepat dari himpunan K ke himpunan L adalah “setengah dari”, K setengah dari L.
Jawaban: B
A. dua kali dari
B. setengah dari
C. satu kurangnya dari
D. kurang dari
Pembahasan:
Daerah asal ditunjukkan oleh himpunan K
Daerah kawan ditunjukkan oleh himpunan L
Setiap tanda panah dari daerah asal (himpunan K) memetakan ke daerah kawan (himpunan L) dengan cara setengah dari.
Jadi, relasi yang tepat dari himpunan K ke himpunan L adalah “setengah dari”, K setengah dari L.
Jawaban: B
1. Relasi
dari himpunan A ke himpunan B adalah ….
A. faktor dari
B. lebih dari
C. kurang dari
D. setengah dari
Pembahasan:
1 merupakan faktor dari 1, 2, 3
2 merupakan faktor dari 2 dan 4
4 merupakan faktor dari 4
Relasi dari himpunan A ke himpunan B yang tepat adalah faktor dari, A faktor dari B.
Jawaban: A
A. faktor dari
B. lebih dari
C. kurang dari
D. setengah dari
Pembahasan:
1 merupakan faktor dari 1, 2, 3
2 merupakan faktor dari 2 dan 4
4 merupakan faktor dari 4
Relasi dari himpunan A ke himpunan B yang tepat adalah faktor dari, A faktor dari B.
Jawaban: A
2.
Perhatikan diagram panah berikut!
Relasi yang mungkin dari himpunan
C ke himpunan D adalah...
a.
Faktor
dari
b.
Kelipatan
dari
c.
Lebih
dari
d.
Kurang
dari
Pembahasan: relasi
yang mungkin dari diagram di atas adalah “kurang dari”, karena:
1 kurang dari 3 dan 5
2 kurang dari 3 dan 5
3 kurang dari 5
Jadi jawaban yang tepat
adalah D
1.
A adalah himpunan bilangan prima yang kurang dari 10.
Sementara diketahui B = {a,b,c }. Tentukan:
(a) banyaknya fungsi yang mungkin dibentuk dari himpunan A ke himpunan B
(b) banyaknya fungsi yang mungkin dibentuk dari himpunan B ke himpunan A
(a) banyaknya fungsi yang mungkin dibentuk dari himpunan A ke himpunan B
(b) banyaknya fungsi yang mungkin dibentuk dari himpunan B ke himpunan A
Jawab:
A =
{2, 3, 5, 7} sehingga banyak anggota A → n(A) = 4
B = {a,b,c } sehingga banyak anggota himpunan B → n(B) = 3
B = {a,b,c } sehingga banyak anggota himpunan B → n(B) = 3
(a) banyaknya fungsi yang mungkin dibentuk dari himpunan
A ke himpunan B
= 34 = 3 x 3 x 3 x 3 = 81
= 34 = 3 x 3 x 3 x 3 = 81
(b) banyaknya fungsi yang mungkin dibentuk dari himpunan
B ke himpunan A
= 43 =
4 x 4 x 4 = 64
2.
Dikelas 8 SMP
belajar matematika terdapat 4 orang siswa yang lebih menyukai pelajaran
tertentu. berikut ke-4 anak tersebut :
Buyung menyukai pelajaran IPS dan Kesenian
Doni menyukai pelajaran ketrampilan dan olah raga
Vita menyukai pelajaran IPA, dan
Putri lebih menyukai pelajaran matematika dan bahasa ingris
Buatlah relasi dari soal diatas dan disajikan menggunakan diagram panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan.
Jawab :
Untuk mempermudah menjawab persoalan diatas gunakanlah permisalan seperti : Himpunan A = {Buyung, Doni, Vita, Putri}, Himpunan B = {IPS, kesenian, keterampilan, olahraga, matematika, IPA, bahasa Inggris}, dan “pelajaran yang disukai” adalah relasi yang menghubungkan himpunan A ke B.
Buatlah relasi dari soal diatas dan disajikan menggunakan diagram panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan.
Jawab :
Untuk mempermudah menjawab persoalan diatas gunakanlah permisalan seperti : Himpunan A = {Buyung, Doni, Vita, Putri}, Himpunan B = {IPS, kesenian, keterampilan, olahraga, matematika, IPA, bahasa Inggris}, dan “pelajaran yang disukai” adalah relasi yang menghubungkan himpunan A ke B.
FUNGSI
PENGERTIAN
FUNGSI MATEMATIKA
Suatu relasi dari himpunan A ke
himpunan B disebut fungsi dari A ke B jika setiap anggota A dipasangkan dengan
tepat satu anggota B.
Jika f adalah suatu fungsi dari A
ke B, maka:
§ himpunan A disebut domai (daerah asal).
§ himpunan B disebut kodomain (daerah kawan) dan
himpunan B yang pasangan (himpunan C) disebut range (hasil) fungsi f.
Aturan yang memasangkan
anggota-anggota hhimpunan A dengan anggota-anggota himpunan B disebut aturan
fungsi f.
Misal diketahui fungsi-fungsi:
f: A → B ditentukan dengan
notasi f(x).
g: C → D ditentukan dengan
notasi g(x).
Untuk lebih memahami tentang
fungsi,
CONTOH
SOAL
1.
Diketahui
fungsi f(x) = x-7. Nilai f(5) adalah...
a. -2
b. 2
c. 11
d. 12
Pembahasan:
f(x) = x-7
f(5) = 5 – 7
= -2
Jadi, jawaban yang tepat adalah A
Pembahasan:
f(x) = x-7
f(5) = 5 – 7
= -2
Jadi, jawaban yang tepat adalah A
2.
Diketahui rumus fungsi f(x) = -2x +
5. Nilai f(-4) adalah...
a. -13
b. -3
c. 3
b. -3
c. 3
d. 13
Pembahasan:
f(x) = -2x + 5
f(-4) = -2(-4) + 5
= 8 + 5
= 13
Jadi, jawaban yang tepat adalah D
Pembahasan:
f(x) = -2x + 5
f(-4) = -2(-4) + 5
= 8 + 5
= 13
Jadi, jawaban yang tepat adalah D
3.
Jika ,
nilai f(-2) = ...
a. 25
b. 19
c. -19
d. -25
Pembahasan:
f(x) = -11x + 3
f(-2) = -11 (-2) + 3
= 22 + 3
= 25
Jadi, jawaban yang tepat adalah A
a. 25
b. 19
c. -19
d. -25
Pembahasan:
f(x) = -11x + 3
f(-2) = -11 (-2) + 3
= 22 + 3
= 25
Jadi, jawaban yang tepat adalah A
4.
Diketahui
rumus fungsi f(x) = -2x + 5. Nilai f(-4) adalah...
a. -13
b. -3
c. 3
a. -13
b. -3
c. 3
d. 13
Pembahasan:
f(x) = -2x + 5
f(-4) = -2(-4) + 5
= 8 + 5
= 13
Jadi, jawaban yang tepat adalah D
Pembahasan:
f(x) = -2x + 5
f(-4) = -2(-4) + 5
= 8 + 5
= 13
Jadi, jawaban yang tepat adalah D
5.
Suatu
fungsi didefinisikan dengan rumus f(x) = 3 – 5x. Nilai f(-4) adalah...
a. -23
b. -17
c. 17
d. 23
Pembahasan:
f(x) = 3 – 5x
f(-4) = 3 – 5(-4)
= 3 – (-20)
= 23
Jadi, jawaban yang tepat adalah D
a. -23
b. -17
c. 17
d. 23
Pembahasan:
f(x) = 3 – 5x
f(-4) = 3 – 5(-4)
= 3 – (-20)
= 23
Jadi, jawaban yang tepat adalah D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar